elibrary.id

Gerakan Indonesia Cerdas Literasi

Kontribusi Kolaborasi elibrary.id untuk Aksi Publikasi Literasi

Entah berapa juta judul buku telah tercetak, terbit, dan terbaca sejak republik ini berdiri.

Namun tak bisa dipungkiri, buku-buku itu hanya hadir seakan dibatasi waktu dan masa berganti untuk kemudian tak terbaca dan terlupa.

Tentu kita tak pernah alpa. 

Setiap judul buku menyimpan berjuta ilmu, data, angka, fakta, dan makna.

Sungguh sayang nian jika berjuta makna dan ilmu yang tak terbilang itu hilang begitu saja di benak kita. 

Hanya karena alasan terbitan lama, tak ada ruang, tak ada suka, atau bahkan tak ada rasa, hingga ditelan masa.

Transformasi digital adalah keniscayaan.

Literasi digital adalah kenyataan.

Karena itulah elibrary.id hadir di depan mata, sebagai jawaban sekaligus tantangan.

Keterbatasan bukanlah alasan bagi elibrary.id untuk berkontribusi dan bersinergi menjadi bagian solusi pelestari karya-karya literasi agar terus tetap terbaca dan berarti, tanpa terhenti hanya untuk satu generasi.

Elibrary.id adalah kita, dari kita, oleh kita, milik kita, untuk umat dan anak negeri dalam mengabdi.

Elibrary.id hadir semata-mata berbakti pada ibu pertiwi agar literasi karya anak negeri terus bersemi memperkaya jati diri membangun peradaban bangsa yang bestari nan hakiki.

Kontribusi Kolaborasi elibrary.id untuk Aksi Peduli Publikasi Literasi

Visi Gerakan Indonesia Cerdas Literasi bersama elibrary.id adalah untuk melepas belenggu keterbelakangan ilmu pengetahuan dan peradaban dengan mendorong minat baca berkualitas seluruh anak negeri melalui aksi peduli publikasi literasi digital non komersial dari beragam sumber domain public, creative commons, dan karya Kak Nurul Ihsan, dalam upaya ikut menjaga kelestarian eksistensi karya literasi dengan mengarsipkan dan mengolah kearsipan digital dari masa ke masa menjadi lebih menarik sehingga dapat tetap bernilai, bermanfaat, berdaya guna, tanpa tersekat ruang dan waktu, mudah diakses dan dibaca di manapun dan kapan pun oleh semua anggota elibrary.id lintas generasi sehingga aksi mulia ini semoga menjadi aliran amal jariyah abadi bagi para nara sumber, penerbit, kontributor, dan pegiat literasi lainnya. 

Jangan lupa, bantu mereka dengan tetap membeli versi buku cetak orisinal agar mereka bisa terus giat berkarya.  

Aamin ya mujibassailin.

Ucapan terimakasih tak terhingga kami sampaikan kepada segenap nara sumber dan kontributor atas segala sumbangsih materi kontennya, serta para donatur lembaga/personal atas bantuan donasinya sehingga elibrary.id bisa terus hadir melayani pembaca hingga saat ini.

Hanya Allah Ta’ala, Tuhan YME yang dapat membalas segala kebaikan semuanya dengan sebaik-baik balasan. Amin ya robbal alamin.

Bersama elibrary.id dalam Gerakan Indonesia Cerdas Literasi mari kita bangun peradaban bangsa inspirasi dunia.

Fakta Pilu Teramat Menyedihkan

UNESCO menyebutkan Indonesia berada di urutan kedua dari bawah dalam literasi dunia, artinya minat baca masyarakat Indonesia sangat rendah.

Yaitu, hanya 0,001%.

Artinya, dari 1,000 orang Indonesia, hanya 1 orang yang rajin membaca!

Padahal kemampuan membaca masyarakat suatu bangsa akan berkolerasi pada daya saing bangsa, tingkat kesejahteraan, produktivitas, dan inovasi di berbagai bidang kehidupan bangsa.

Bagaimana kita bisa menjadi sebuah negara maju dengan masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera jika minat baca bangsa kita masih sangat memprihatinkan?

Bersama elibrary.id mari kita lakukan langkah nyata mulai saat ini juga dengan membudayakan membaca setiap hari. 

Let’s read everyday! 

Bismillah!

Tim Penggerak

nurul ihsan
Kak Nurul Ihsan Content Creator
Adalah penulis 500+ judul buku anak di berbagai penerbit nasional dan Malaysia yang terpanggil jiwanya dan tergerak hatinya menjadi inisiator Gerakan Indonesia Cerdas Literasi di ebookanak.com dan elibrary.id sebagai wujud pengabdian pada dunia pendidikan, umat, dan bangsa dalam merajut peradaban Indonesia gemilang inspirasi dunia.
rahayu ummi farida
Rahayu Ummi Farida Volunteer & Relationship
Sekali layar terkembang, pantang surut ke belakang. Dengan segala keterbatasan dan kemampuan, ia menjadi pengayom dan penyemangat kami untuk tak pernah lelah dan tak pernah menyerah untuk selalu berjuang demi Gerakan Indonesia Cerdas Literasi tetap berlayar mengarungi samudera literasi yang seolah tak bertepi.
Uci Ahmad Sanusi Ilustrator
Ilustrator kelahiran kota santri, Tasikmalaya, ini telah ikut berjuang bersama kami sejak belasan tahun silam, Insyaallah, hingga saat ini dengan ide-ide hebat dan gagasan brilian telah menghasilkan ribuan gambar lucu dan atraktif yang telah menghiasi ratusan judul buku anak dan buku edukasi di berbagai penerbit nasional dan Malaysia.
iyus rusamsi
Iyus Rusamsi Desainer
Teks naskah, gambar, dan image lainnya menjadi lebih indah dan menarik dibaca setelah diolah oleh sang desainer senior di tim kami ini yang sudah berkecimpung menghiasi ratusan judul buku anak dan buku pendidikan selama belasan tahun dalam masa pengabdian pada Gerakan Indonesia Cerdas Literasi.
aep saepudin
Aep Saepudin Ilustrator
Dari sejak aktif masih berkuliah, ia telah ikut berjuang dan merintis dari awal cikal bakal Gerakan Indonesia Cerdas Literasi sebagai salah seorang tim ilustrator senior kami dengan sekian ratus karya gambarnya sudah ikut menjadi saksi dan menghiasi puluhan buku anak dan pendidikan di Indonesia yang tetap terkenang, tak lekang, dan tetap dibaca hingga sekarang.
Anto
Anto Webmaster
Website elibrary.id ini dapat tersaji dengan atraktif dan mudah digunakan oleh semua kalangan adalah buah karya ide kreatifnya yang sangat membantu kami dalam mewujudkan mimpi dan asa kami menjadi sebuah langkah nyata untuk meniti tangga-tangga perjuangan masa depan Gerakan Indonesia Cerdas Literasi.